Anda adalah pengunjung ke-

Rabu, 16 November 2011

PENGARUH BULAN PADA BUMI DAN KEHIDUPAN DI DALAMNYA

  Bulan adalah benda luar angkasa yang telah menjadi satelit bumi setelah sekian lamanya. Banyak dari para ilmuwan yang percaya bahwa bulan merupakan planet lain yang sedang berjalan melewati bumi, akan tetapi terbawa oleh pengaruh gravitasi bumi sehingga menjadi satelit bumi, akan tetapi terdapat satu pendapat baru bahwa bulan sebenarnya terbentuk dari hasil pertabrakan bumi dengan planet lain yang besarnya 1/5 bumi pada saat sedang terjadinya seleksi planet (saat itu planet yang terbentuk di galaksi Bimasakti lebih banyak dari sekarang namun saling bertabrakan dan menyatu atau salah satunya membentuk satelit baru bagi planet yang ditabraknya)
  Pada saat bumi belum memiliki bulan, diperkirakan kecepatan rotasinya lebih cepat dari sekarang (diperkirakan 1 kali rotasi adalah 6 jam, jauh dari sekarang yaitu 24 jam). Maka dapat disimpulkan bahwa dampak dari gaya gravitasi bulan berpengaruh besar pada kehidupan di bumi. Selain itu bulan juga mempengaruhi ketinggian air laut, dan diperkirakan juga mempengaruhi kegiatan di dalam bumi. Termasuk kegiatan gunung merapi yang diperkirakan lebih aktif pada saat bulan tepat di atas gunung tersebut.
  Selain itu bulan juga sering dikaitkan dengan hal-hal mistis yang bahkan sampai sekarang belum dapat di pastikan. Akan tetapi ternyata keadaan bulan juga mempengaruhi beberapa makhluk hidup seperti halnya hewan. Salah satu contohnya adalah serigala yang ternyata lebih aktif berburu saat bulan purnama karena mereka mengandalkan bulan sebagai bantuan penglihatan mereka, dan tentu saja bulan purnama adalah saat yang paling tepat karena cahaya dari bulan terlihat lebih besar saat bulan purnama.
  Akan tetapi apakah bulan juga mempengaruhi tingkah laku manusia?. Itu masih dapat diragukan meski ternyata banyak pengakuan dari para pelaku sosial seperti polisi, pemadam kebakaran, dll. yang mengaku bahwa pekerjaan mereka selalu meningkat dikala sedang bulan purnama, terlebih lagi terdapat beberapa polisi yang menyatakan bahwa pada saat bulan purnama lebih banyak terjadi aksi kejahatan dibandingkan dengan pada fase bulan lainnya.
  Akan tetapi semua itu kembali lagi pada diri kita masing-masing apakah kita mau mempercayainya itu terserah pada anda, karena memang belum ada fakta jelas mengenai hal ini.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar